10 Alasan Mengapa Orang Merasa Tidak Punya Cukup Waktu

Dewasa ini, banyak orang mengatakan mereka tidak punya cukup waktu untuk melakukan pekerjaan mereka. Baik itu alasan karena mereka terlalu sibuk dengan pekerjaan yang sedang dilakukannya maupun kesibukan lain yang sebenarnya tidak penting. “Waktu adalah uang”, begitulah kata pepatah. Orang yang kaya adalah orang yang cerdas dalam mengatur waktunya. Waktu yang mereka miliki mereka gunakan secara efektif dan efisien dalam melakukan segala hal. Namun, hal apa yang membuat orang merasa mereka tidak memiliki cukup waktu untuk melakukan almost anything?. Mengutip dari tulisan Lifehack tentang 10 Reason Why Some People Feel Like They Don’t Have Enough Time, ada 10 alasan mengapa orang merasa tidak memiliki cukup waktu:

1. Mereka tidak bangun cepat di pagi hari

Bangun cepat adalah kunci sukses. Hampir kebanyakan orang yang sukses memulai rutinitas harian mereka dengan bangun cepat di pagi hari. Bangun cepat di pagi hari memberikan kamu kelebihan dibandingkan orang yang masih tidur. Banyak penelitian telah mengkorelasikan kesuksesan dengan bangun pagi. Hampir kebanyakan orang yang tidak bangun pagi cepatlah yang sering berkomentar bahwa mereka tidak mempunyai cukup waktu untuk melakukan apa yang mereka mau.

2. Mereka terlalu banyak melakukan pekerjaan dalam waktu yang sama (Multitask a lot)

Kamu akan berpikir bahwa dengan melakukan multitask kamu akan dapat menyelesaikan banyak pekerjaan dan menyimpan waktu, namun penelitian menunjukkan bahwa kita bukanlah seorang multitasker brilliant seperti yang kita pikirkan. Penelitian yang dilakukan di Universitas Stanford, contohnya, menunjukkan bahwa orang yang sering melakukan mulititaskĀ  kurang produktif dan sering menghabiskan waktu mereka ketika berpindah ke satu tugas ke yang lain dibandingkan ketika mereka tetap pada satu pekerjaan hingga mereka selesai. Bahkan, multitask juga merusak otak. Otak manusia tidak memiliki kemampuan untuk berfokus pada banyak pekerjaan pada satu waktu.

3. Mereka tidak melacak atau mengatur waktu mereka.

Banyak ahli tentang produktivitas setuju bahwa melacak dan mengatur waktu itu vital untuk dapat mengontrol harimu. Catat seluruh janji, deadline, dan segala di antaranya. Analisa berapa waktu yang akan kamu habiskan untuk setiap aktivitas dan aturlah waktu yang sesuai untuk aktivitas tersebut. kamu akan menemukan berapa banyak waktu yang kamu sia-siakan dan memiliki kesempatan untuk mengevaluasi kembali, mengatur, dan me-monitor waktu kamu. Orang yang tidak mengatur dan melacak waktu mereka adalah orang yang heran kemana waktu mereka telah pergi dan tidak mengerti mengapa mereka sedikit sekali menyelesaikan pekerjaan pada akhir hari.

4. Mereka tidak terorganisir

Orang yang tidak terorganisir tidak hanya membuang waktu mereka untuk mencari benda yang hilang, namun juga mengurangi produktivitas mereka dan menghalangi kesempatan mereka untuk sukses. Namun, jika kamu adalah seorang yang terorganisir, kamu memberikan produktivitas tenaga (a real boost) dan mampu untuk menciptakan waktu untuk hal dan orang yang penting dalam hidupmu. habiskanlah sedikit waktu untuk merencanakan apa yang akan kamu lakukan dengan harimu dan jagalah benda-benda yang kamu dengan rapi dan teratur. Dengan cara ini, kamu akan tahu apa benda yang kamu miliki dan dimana mereka berada, yang mana bisa menyimpan banyak waktu, uang, dan stress.

5. Mereka tidak memprioritaskan pekerjaan

Kebanyakan orang mempunyai masalah untuk memprioritaskan sesuatu. Mereka tidak tidak meletakkan pekerjaan dengan sususan kepentingan atau membuat keputusan terhadap apa yang penting dalam hidup mereka, yang mana menjelaskan mengapa mereka tidak mempunyai cukup waktu dalam sehari. pikirkanlah tujuan utamamu dan seluruh hal penting yang ingin kamu lakukan dan kemudian pahami hal mana yang penting dilakukan terlebih dahulu dengan menanyakan “apakah aku perlu melakukan ini sekarang?”. Jika kamu tidak perlu melakukannya sekarang, jangan lakukan. Kerjakan pekerjaan dengan prioritas tinggi terlebih dahulu baru kemudian kamu melakukan hal yang lain. Memprioritaskan apa yang akan kamu lakukan memastikan bahwa kamu akan menggunakan secara efisien waktumu.

Translated & Edited From : 10 Reason Why Some People Feel Like They Don’t Have Enough Time

(To be continued)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s